Selasa, 27 September 2011

PERGUDANGAN


PERGUDANGAN
Sifat dan Pentingnya Pergudangan
Pergudangan secara tradisional disediakan penyimpanan produk (disebut sebagai persediaan) selama semua tahap proses logistik. Dua jenis dasar persediaan dapat ditempatkan ke dalam penyimpanan: (1) bahan baku, komponen dan suku cadang (pasokan fisik), (2) barang jadi (distribusi fisik). Mungkin ada persediaan barang dalam proses dan material yang akan dibuang atau didaur ulang, meskipun dalam kebanyakan perusahaan ini hanya merupakan sebagian kecil dari persediaan total.
Mengapa perusahaan perlu memiliki persediaan di gudang? Secara tradisional, pergudangan produk telah terjadi untuk satu atau lebih dari alasan sebagai berikut:
  • Mencapai ekonomi transportasi
  • Mencapai ekonomi produksi
  • Ambil keuntungan dari diskon pembelian kuantitas dan maju membeli
  • Menjaga sumber pasokan
  • Dukungan pelanggan perusahaan kebijakan pelayanan
  • Memenuhi kondisi pasar yang terus berubah (misalnya musiman, fluktuasi permintaan, persaingan)
  • Mengatasi perbedaan waktu dan ruang yang ada antara produsen dan pelanggan
  • Menyelesaikan biaya logistik keseluruhan setidaknya sepadan dengan tingkat pelayanan yang diinginkan pelanggan
  • Mendukung program tepat waktu bagi pemasok dan pelanggan
  • Menyediakan pelanggan dengan campuran produk bukan produk tunggal pada setiap order
  • Menyediakan penyimpanan sementara bahan yang akan dibuang atau didaur ulang (reverse logistics)


Beberapa Kegunakan Pergudangan
Gudang dapat digunakan untuk mendukung manufaktur, untuk campuran produk dari beberapa fasilitas produksi untuk pengiriman ke pelanggan tunggal, untuk Breakbulk atau membagi pengiriman besar produk ke pengiriman yang lebih kecil untuk memenuhi kebutuhan banyak pelanggan, dan untuk menggabungkan atau mengkonsolidasikan pengiriman ke pengapalan yang lebih tinggi volume tunggal.
Pergudangan digunakan sebagai titik 'aliran-melalui', atau dilewati (misalnya dijadwalkan pengiriman langsung ke pelanggan), sebagai organisasi semakin pengganti informasi untuk persediaan, pembelian jumlah yang lebih kecil dan menggunakan gudang sebagai titik konsolidasi untuk menerima tarif transportasi dibeli dan tingkat pelayanan.
Metode tradisional (distribusi) adalah sistem dorong. Rencana produksi didasarkan pada kemampuan dan kapasitas pabrik, dan produk adalah produk yang diproduksi dalam harapan bahwa itu akan menjual. Ketika diproduksi lebih cepat daripada yang dapat dijual, maka produk disimpan di gudang pabrik. Jika penjualan tidak dapat dipercepat, maka produksi akan melambat sampai bergerak pasokan keseimbang dengan permintaan. Dalam sistem ini, pergudangan berfungsi untuk menyerap kelebihan produksi. Sistem tarik hari ini tergantung pada informasi. Hal ini didasarkan pada pemantauan konstan permintaan. Dengan sistem tarik, tidak ada kebutuhan untuk reservoir. Sebaliknya, pergudangan berfungsi sebagai pusat aliran-melalui, menawarkan layanan ditingkatkan dengan persediaan posisi lebih dekat dengan pelanggan.
Manufaktur dukungan
Dalam mendukung operasi manufaktur, gudang sering memainkan peran penting dari poin konsolidasi inbound (perjalanan dalam negeri) untuk penerimaan pengiriman dari pemasok. Perusahaan-perusahaan untuk bahan baku, suku cadang, komponen atau pasokan dari berbagai pemasok, yang mengirim truk (TL) atau segerobak (CL) jumlah ke sebuah gudang yang terletak di dekat pabrik. Produk ditransfer dari gudang ke pabrik (s).

Pencampuran Produk
Dari distribusi fisik atau perspektif outbound(pengiriman kapal ke luar negeri), gudang dapat digunakan untuk konsolidasi produk pencampuran, outbound atau Breakbulk. Produk pencampuran sering melibatkan beberapa lokasi pabrik  yang mengirimkan produk ke sebuah gudang pusat. Setiap pabrik memproduksi hanya sebagian dari total penawaran produk perusahaan. Pengiriman biasanya dibuat dalam jumlah besar (TL atau CL) ke gudang pusat, di mana pesanan pelanggan untuk beberapa produk digabungkan atau dicampur untuk pengiriman.
Konsolidasi
Sebuah gudang adalah fasilitas yang menerima pengiriman besar produk dari lokasi manufaktur. Gudang mengkonsolidasikan atau menggabungkan produk dari berbagai pabrik ke dalam pengapalan tunggal kepada pelanggan.
Breakbulk
Gudang Breakbulk adalah fasilitas yang menerima pengiriman besar produk dari pabrik. Beberapa pesanan pelanggan digabungkan ke dalam pengapalan tunggal dari pabrik ke gudang Breakbulk. Ketika pengiriman diterima di gudang, kemudian dipecah menjadi pengiriman LTL lebih kecil, yang dikirim ke pelanggan di wilayah geografis yang dilayani oleh gudang.
Pergudangan dan Transportasi
Ekonomi transportasi yang mungkin untuk kedua sistem penyediaan fisik dan sistem distribusi fisik. Dalam kasus pasokan fisik, pesanan kecil dari sejumlah pemasok dapat dikirim ke gudang konsolidasi dekat sumber pasokan: dengan cara ini, produsen dapat mencapai pengiriman TL atau CL ke pabrik, yang biasanya terletak pada jauh lebih besar jarak dari gudang. Gudang terletak di dekat sumber pasokan sehingga tarif LTL hanya berlaku untuk jarak pendek, dan tingkat volume digunakan untuk jangka panjang dari gudang ke pabrik.
Gudang digunakan untuk mencapai penghematan transportasi yang sama dalam sistem distribusi fisik. Dalam industri barang kemasan, produsen sering memiliki beberapa lokasi pabrik, dengan masing-masing pabrik manufaktur hanya sebagian dari lini produk perusahaan. Pabrik tersebut sering disebut sebagai pabrik terfokus.
Biasanya, perusahaan-perusahaan menjaga sejumlah lokasi gudang lapangan dari pengiriman  campuran dari seluruh lini produk dapat dibuat untuk pelanggan. Pengiriman dari pabrik ke gudang lapangan sering dibuat oleh kereta api dalam jumlah segerobak penuh dari produk manufaktur di pabrik masing-masing. Pesanan untuk pelanggan, terdiri dari berbagai item dalam lini produk, yang dikirim oleh truk di tingkat TL atau LTL. Yang digunakan dari hasil lapangan gudang di biaya transportasi lebih rendah daripada pengiriman langsung ke pelanggan.
Pergudangan dan Produksi
Produksi pendek berjalan meminimalkan jumlah persediaan diadakan di seluruh sistem logistik dengan memproduksi jumlah permintaan dalam waktu dekat, tetapi mereka membawa peningkatan biaya set-up dan perubahan garis. Jika pabrik yang beroperasi di dekat atau pada kapasitas, perubahan garis sering dapat meninggalkan produsen tidak mampu memenuhi permintaan produk. Jika demikian, biaya penjualan yang hilang kalah kontribusi keuntungan pada penjualan yang belum direalisasi-bisa besar.
Di sisi lain, produksi dalam jumlah besar produk untuk setiap hasil perubahan line dalam biaya unit yang lebih rendah per secara penuh biaya dan unit lebih untuk kapasitas pabrik tertentu. Namun, produksi lama berjalan menyebabkan persediaan yang lebih besar dan persyaratan gudang meningkat. Akibatnya, produksi penghematan biaya harus diimbangi dengan peningkatan biaya logistik dalam rangka mencapai biaya setidaknya total.
Secara tradisional, pergudangan itu diperlukan jika sebuah perusahaan mengambil keuntungan dari diskon pembelian kuantitas bahan baku atau produk lainnya. Tidak hanya dalam harga per unit lebih rendah sebagai akibat dari diskon, tetapi jika perusahaan membayar pengiriman, biaya transportasi akan kurang pada pembelian volume karena ekonomi transportasi. Diskon serupa dan tabungan dapat ditambahkan kepada produsen, pengecer dan grosir. Sekali lagi, bagaimanapun, tabungan ini harus berat terhadap biaya persediaan ditambahkan terjadi sebagai akibat dari persediaan yang lebih besar.
Perusahaan yang beroperasi dengan filosofi manufaktur JIT bernegosiasi dengan pemasok mereka untuk menerima diskon kuantitas kumulatif. Dengan demikian, mereka menerima tarif yang lebih rendah berdasarkan volume total order tahunan daripada ukuran pesanan individu.
Menyimpan persediaan dalam gudang mungkin diperlukan untuk mempertahankan sumber pasokan. Sebagai contoh, waktu dan jumlah pembelian adalah penting dalam mempertahankan pemasok, terutama selama periode kekurangan. Mungkin perlu untuk mengadakan persediaan barang yang berada dalam pasokan pendek sebagai akibat dari kerusakan dalam perjalanan, ketidaktersediaan vendor atau serangan terhadap salah satu pemasok perusahaan.
Pergudangan dan Layanan Pelanggan
Kebijakan pelayanan pelanggan, seperti pengiriman standar 24 jam, mungkin memerlukan nomor gudang lapangan dalam rangka untuk meminimalkan total biaya sementara mencapai standar tersebut. Perubahan kondisi pasar dapat membuat perlu untuk produk gudang di lapangan, terutama karena perusahaan tidak dapat secara akurat memprediksi permintaan konsumen dan waktu pesanan pengecer atau grosir. Dengan menjaga beberapa kelebihan persediaan di lokasi gudang lapangan, perusahaan dapat merespon dengan cepat untuk memenuhi permintaan tak terduga. Kelebihan persediaan memungkinkan produsen untuk memenuhi pesanan pelanggan ketika pengiriman untuk mengisi kembali gudang lapangan datang terlambat.
Pergudangan dan Logistik Total Biaya Terkecil
Mayoritas perusahaan memanfaatkan pergudangan untuk mencapai setidaknya biaya logistik total pada beberapa tingkat layanan pelanggan ditentukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan perusahaan pergudangan meliputi:
  • Industri
  • Filosofi perusahaan
  • Ketersediaan modal
  • Karakteristik produk seperti ukuran, rusaknya, lini produk substitusi, dan tingkat keusangan
  • Kondisi ekonomi
  • Persaingan
  • Permintaan musiman
  • Menggunakan just-in-time program
  • Proses produksi
Jenis Pergudangan
Secara umum, perusahaan memiliki sejumlah alternatif pergudangan. Beberapa perusahaan dapat memasarkan produk langsung ke pelanggan ritel (disebut toko pengiriman langsung), sehingga menghilangkan pergudangan di lapangan. Mail-order perusahaan katalog, misalnya, memanfaatkan pergudangan hanya pada titik asal, seperti kantor pusat penjualan atau pabrik.
Cross-docking
Alternatif lain adalah dengan memanfaatkan konsep cross-docking, dimana gudang terutama berfungsi sebagai 'pusat distribusi pencampuran'. Produk tiba dalam jumlah besar dan segera dipecah dan dicampur dalam kisaran yang tepat dan kuantitas produk untuk pengiriman pelanggan. Pada intinya, produk tidak pernah memasuki gudang. Topik ini akan dijelaskan lebih lengkap dalam bagian berikutnya.
Cross-docking menjadi populer di kalangan pengecer, yang dapat memesan TL, maka kapal segera ke lokasi toko individu. Produk biasanya datang ke toko individu dari lokasi pemasok. Sebagai contoh, pemasok akan barang tiket, letakkan di gantungan dan kotak itu untuk toko ritel individu untuk menggantikan item yang dijual. Beban trailer kotak tiba di DC pengecer dimana produk adalah cross-merapat ke truk untuk toko. Di toko, kotak dibuka dan garmen akan segera siap untuk menggantung di rak display.
Sebagian besar gudang produk perusahaan di beberapa titik peralihan antara pabrik dan pelanggan. Ketika perusahaan memutuskan untuk menyimpan produk di lapangan, ia menghadapi pilihan dua pergudangan: fasilitas yang disewa, disebut pergudangan umum, atau fasilitas yang dimiliki, disebut pergudangan swasta.
Kontrak pergudangan
Pergudangan kontrak merupakan variasi dari pergudangan publik. Pergudangan kontrak merupakan kesepakatan antara pengguna dan penyedia layanan pergudangan, yang dalam beberapa kasus adalah logistik pihak ketiga penyedia layanan (3PL) telah didefinisikan sebagai:
Pengaturan jangka panjang yang saling menguntungkan yang menyediakan pergudangan unik dan dirancang khusus dan jasa logistik secara eksklusif untuk satu klien, di mana vendor dan klien berbagi risiko mengasosiasikan dengan operasi. Fokus pada produktivitas, pelayanan dan efisiensi, bukan biaya dan struktur tarif itu sendiri.
Perusahaan harus memeriksa pertimbangan penting layanan pelanggan dan keuangan untuk memilih antara pergudangan publik dan swasta. Sebagai contoh, biaya operasi untuk sebuah gudang publik cenderung lebih tinggi karena gudang akan mencoba untuk beroperasi pada keuntungan, tetapi mungkin juga telah menjual dan biaya iklan. Namun, perusahaan membuat investasi awal dalam fasilitas ketika menggunakan pergudangan publik. Dari perspektif layanan pelanggan, pergudangan swasta umumnya dapat memberikan tingkat tingkat pelayanan karena fasilitas yang lebih khusus dan peralatan, dan keakraban yang lebih baik dengan produk perusahaan, pelanggan dan pasar yang lebih tinggi.
Kedua pilihan harus diteliti dengan seksama. Dalam beberapa kasus, gudang publik yang inovatif dapat memberikan tingkat yang lebih tinggi karena pelayanan kepada keahlian mereka dan kompetitif yang kuat untuk melayani pelanggan.
Gudang Publik
Ada banyak jenis gudang publik, termasuk: (1) gudang barang umum untuk barang-barang manufaktur, (2) gudang penyimpanan berpendingin atau dingin, (3) gudang berikat, (4) barang rumah tangga dan gudang furnitur, (5) gudang komoditas khusus , dan (6) massal gudang penyimpanan. Setiap jenis menyediakan pengguna dengan berbagai layanan khusus.
Gudang Barang Umum
Gudang barang umum mungkin merupakan bentuk paling umum. Hal ini dirancang untuk digunakan oleh produsen, distributor dan pelanggan untuk menyimpan hampir semua jenis produk.
Gudang pendingin
Penyimpanan berpendingin, atau dingin, gudang menyediakan lingkungan penyimpanan suhu dikontrol. Mereka cenderung digunakan untuk mengawetkan barang-barang tahan lama seperti buah dan sayuran. Namun, sejumlah item lainnya (misalnya produk makanan beku, beberapa obat-obatan, dan kertas foto dan film) membutuhkan jenis fasilitas.
Gudang Berikat
Beberapa barang umum atau gudang komoditas khusus atau istimewa yang dikenal sebagai gudang berikat. Gudang ini melakukan penjamin obligasi dari pemerintah dan tempat tempat mereka di bawah pengawasan agen pemerintah. Barang seperti tembakau dan minuman beralkohol impor disimpan dalam jenis gudang, meskipun pemerintah tetap mempertahankan kontrol dari barang sampai mereka didistribusikan ke pasar. Pada saat itu, importir harus membayar bea masuk kepada instansi pemerintah yang tepat. Keuntungan dari gudang berikat adalah bahwa importir memiliki dana di tangan untuk membayar biaya tersebut.
Gudang Barang Rumah Tangga
Gudang barang rumah tangga yang digunakan untuk penyimpanan milik pribadi dan bukan barang dagangan. Properti ini biasanya disimpan untuk jangka sebagai pilihan singgah sementara. Dalam kategori ini gudang, ada beberapa jenis alternatif penyimpanan. Salah satunya adalah konsep penyimpanan terbuka. Barang disimpan secara kaki kubik per bulan di lantai gudang terbuka. Barang rumah tangga biasanya terbatas untuk jenis penyimpanan. Jenis kedua penyimpanan adalah kamar pribadi atau penyimpanan lemari besi, di mana pengguna dengan sebuah wadah dimana mereka bisa pak barang. Penyimpanan kontainer memberikan perlindungan lebih baik dari produk daripada penyimpanan terbuka.
Khusus komoditas gudang
Gudang komoditas khusus digunakan untuk produk pertanian tertentu, seperti biji-bijian, wol dan kapas. Biasanya, masing-masing gudang menangani satu jenis produk dan menawarkan layanan khusus spesifik untuk produk tersebut.
Gudang Penyimpanan Massal
Gudang Penyimpanan Massal menyediakan penyimpanan tangki cairan, dan penyimpanan terbuka atau terlindung dari produk kering seperti batubara, pasir dan bahan kimia. Gudang ini dapat menyediakan layanan seperti mengisi drum dari massal atau pencampuran berbagai jenis bahan kimia dengan orang lain untuk menghasilkan senyawa baru atau campuran.
Operasi Pergudangan : Tiga Fungsi
Pergudangan melayani peran penting dalam sistem logistik perusahaan. Dalam kombinasi dengan kegiatan lain, ia menyediakan pelanggan perusahaan dengan tingkat yang diterima dari layanan. Peran yang jelas dari pergudangan adalah untuk menyimpan produk, tetapi juga menyediakan layanan pergudangan Breakbulk, konsolidasi dan informasi. Kegiatan ini menekankan kedua aliran produk daripada penyimpanan.
Gerakan cepat dan efisien dalam jumlah besar bahan baku, bagian komponen dan barang jadi melalui gudang, ditambah dengan informasi yang tepat waktu dan akurat tentang produk yang disimpan, tujuan dari setiap sistem logistik. Tujuan ini telah mendapat perhatian dari manajemen puncak dari banyak organisasi.
Pergudangan memiliki tiga fungsi dasar: gerakan, penyimpanan dan transfer informasi. Baru-baru ini, fungsi gerakan telah menerima perhatian yang paling sebagai fokus organisasi pada peningkatan perputaran persediaan dan perintah mempercepat dari manufaktur sampai dengan penyerahan akhir.
Gerakan
Fungsi gerakan dapat dibagi lagi menjadi beberapa kegiatan, termasuk:
  • Menerima
  • Transfer atau putaway
  • Rangka memilih / seleksi
  • Cross-docking
  • Pelayaran
Kegiatan menerima mencakup pembongkaran sebenarnya produk dari pembawa transportasi, memperbarui catatan persediaan gudang, inspeksi untuk kerusakan, dan verifikasi terhadap jumlah barang pesanan dan catatan pengiriman.
Transfer atau putaway melibatkan gerakan fisik produk ke dalam gudang untuk penyimpanan, gerakan ke daerah untuk layanan khusus seperti konsolidasi, dan gerakan untuk pengiriman outbound. Pesanan pelanggan memilih pilihan atau pesanan adalah aktivitas gerakan utama
Dan melibatkan produk pengelompokan kembali kekeinginan pelanggan. Slip pengepakan terbuat pada saat ini.
Cross-docking bypasses kegiatan penyimpanan dengan mentransfer item langsung dari dermaga kedermaga menerima pengiriman. Operasi cross-docking murniakan, menghindari, menyingkirkan, penyimpanan dan memetik ketertiban. Mentransfer informasi akan menjadi penting karena pengiriman memerlukan koordinasi dekat.
Cross-docking telah menjadi biasa dipergudangan karena dampaknya pada biaya dan layanan pelanggan. Sebagai contoh, sekitar 75 persendistribusi makanan melibatkan cross-docking produk dari pemasok ke toko-toko ritel makanan. Menghilangkan transfer atau menyimpan produk dapat mengurangi biaya sebanyak 30 persen di DC khas,dan barang-barang di gudang waktu tetap, sehingga meningkatkan tingkat layanan pelanggan.
Cross-docking harus dipertimbangkan sebagai pilihan oleh perusahaan pertemuan dua atau lebih dari kriteria berikut:
§  Inventarisasi tujuan diketahui ketika diterima
§  Pelanggan siap untuk menerima persediaan segera
§  Pengiriman untuk kurang dari 200 lokasi setiap hari
§  Harian melalui menempatkan melebihi 2.000 karton
§  Lebih dari 70 persen dari persediaan adalah mengungkapkannya
§  jumlah besar setiap item yang diterima oleh perusahaan
§  Inventarisasi tiba di dermaga perusahaan pra-label
§  Beberapa persediaan waktu
§  Kantor pusat distribusi adalah mendekati kapasitas
§  Beberapa persediaan adalah pra-harga
Pengiriman, aktivitas pergerakan terakhir, terdiri dari pementasan produk dan fisik bergerak perintah dirakit keperalatan pembawa, menyesuaikan catatan persediaan dan memeriksa pesanan untuk dikirim. Hal ini dapat terdiri dari sortasi dan kemasan barang untuk pelanggan tertentu. Produk ditempatkan dalam kotak, karton atau kemasan lainnya, ditempatkan pada palet atau mengecilkan dibungkus (yaitu proses membungkus produk dalam film plastik), dan ditandai dengan informasi yang diperlukan untuk pengiriman, seperti asal, tujuan, pengirim, penerima dan paketisinya.
Penyimpanan
Penyimpanan, fungsi kedua dari pergudangan. Dapat dilakukan secara sementara atau semi-permanen. Penyimpanan sementara menekankan fungsi gerakan gudang dan hanya mencakup penyimpanan produk yang diperlukan untuk pengisian ulang persediaan dasar. Penyimpanan sementara yang diperlukan terlepas dari perputaran persediaan yang sebenarnya. Luasnya penyimpanan persediaan sementara tergantung pada desain sistem logistik dan variabilitas berpengalaman dalam lead time dan permintaan. Tujuan cross-docking adalah untuk memanfaatkan hanya fungsi penyimpanan sementara gudang.
Semi-permanen penyimpanan adalah penyimpanan persediaan lebih dari yang dibutuhkan untuk pengisian normal.Persediaan ini disebut sebagai stok penyangga atau keselamatan. Kondisi yang paling umum yang mengarah ke semi permanen penyimpanan [1] permintaan musiman [2] permintaan yang tidak menentu [3] pengkondisian produk seperti buah dan daging, [4] spekulasi atau membeli ke depan, dan [5] penawaran seperti kuantitas diskon. Semi permanen penyimpanan juga meliputi produk yang memerlukan penuaan dapat digunakan untuk mencapai potensi mereka. Sebagai contoh Scotchwiski dapat disimpan selama 10 tahun atau lebih sebelum botol, sementara keju Belanda atau Perancis dapat disimpan untuk dewasa dari beberapa minggu untuk keju lembut beberapa tahun untuk keju keras.
InformasiTransfer
Transfer informasi, fungsi utama ketiga atau pergudangan, terjadi bersamaan dengan gerakan dan fungsi penyimpanan. Manajemen selalu membutuhkan informasi yang tepat waktu dan akurat karena upaya untuk mengelola aktivitas pergudangan. Informasi tentang tingkat persediaan, melalui tingkat meletakkan ( yaitu jumlah produk bergerak melalui gudang). Bursa lokasi menjaga, pengiriman masuk dan keluar, data pelanggan, fasilitas pemanfaatan ruang dan personil adalah penting untuk keberhasilan operasi dari gudang. Organisasi semakin mengandalkan pada transfer informasi terkomputerisasi menggunakan pertukaran data elektronik(PDE) dan barcoding untuk meningkatkan baik kecepatan dan akurasi transfer informasi.
Terlepas dari berbagai upaya oleh perusahaan untuk mengurangi tindak dokumen, jumlah dokumen masih signifikan. Untuk alasan ini dan banyak lainnya, manajemen di banyak perusahaan telah mencoba untuk mengotomatisasi fungsi klerikal bila memungkinkan. Perkembangan dalam komunikasi elektronik telah berperan dalam mengurang ikegiatan administrasi di semua aspek pergudangan.
Berhasil menyelesaikan semua kegiatan pergudangan telah disebutkan menghilangkan kebutuhan untuk memeriksa. Namun, kesalahan dan kesalahan memang terjadi dalam setiap operasi gudang, biasanya sehingga perlu untuk melakukan cek kegiatan-kegiatan sebelumnya. Dalam beberapa kasus, kegiatan ini bisa diminimalkan dalam operasi dimana karyawan diberi wewenang untuk melakukan pengendalian mutu pada tingkat masing-masing di dalam gudang. Kegiatan inidapat dilakukan oleh tim, bukan individu.
Hal ini penting untuk menghilangkan ketidakefisienan dalam gerakan, penyimpanan dan transfer informasi dalam gudang. Ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk:
§  Kelebihan atau berlebihan penanganan
§  Miskin pemanfaatan ruang lantai dan ketersediaan tinggi, juga dikenal sebagai 'kubus'
§  biaya pemeliharaan dan waktu mogok yang berlebihan karena peralatan usang
§  Tanggal penerimaan dan pengiriman kondisi dermaga
§  Informasi terkomputerisasi Usang penanganan transaksi rutin.
Pasar yang kompetitif menuntut menyerahkan lebih tepat dan akurat, penyimpanan dan sistem pengambilan, serta kemasan ditingkatkan dan sistem pengiriman. Hal ini penting untuk operasi gudang untuk memiliki campuran yang optimal dari sistem penanganan manual dan otomatis.

Kriteria Keputusan untuk Jenis Gudang
Salah satu keputusan paling penting perusahaan membuat pergudangan adalah apakah untuk menggunakan fasilitas umum [disewakan] atau swasta [dimiliki atau disewa]. Pergudangan Kontrak adalah varian dari pergudangan publik dimana organisasi memiliki hubungan kontrak untuk memanfaatkan sejumlah ruang dan pelayanan di fasilitas atau fasilitas selama periode waktu yang ditetapkan. Susunan ini memberikan stabilitas gudang lebih dan kepastian dalam melakukan investasi untuk logistik pihak ketiga penyedia layanan yang menyediakan ruang penyimpanan secara disewa atau dikontrak. Ada tiga kriteria utama yang mempengaruhikeputusan ini, kriteria finansial, kriteria ruang penyimpanan dan kriteria operasi.
Kriteria keuangan
Penggunaan modal
Salah satu keuntungan utama dari gudang umum [atau dikontrak] adalah bahwa mereka tidak memerlukan investasi modal dari pengguna. Pengguna menghindari investasi di gedung-gedung, tanah dan penanganan material peralatan, serta biaya memulai operasi dan perekrutan dan pelatihan personil.
Karena atau biaya tinggi yang terlibat, banyak perusahaan hanya mampu menghasilkan modal yang cukup untuk membangun atau membeli gudang. Gudang adalah jangka panjang, sering berisiko, investasi [yang kemudian mungkin sulit untuk menjual karena desain yang disesuaikan]. Mempekerjakan dan pelatihan karyawan, dan pembelian peralatan penanganan bahan membuat memulai proses yang mahal dan memakan waktu. Dan tergantung pada sifat dari perusahaan, laba atas investasi mungkin lebih besar jika dana tersebut disalurkan ke laba lainnya menghasilkan peluang.
Sebuah pertimbangan lebih lanjut dalam keputusan adalah tingkat pengembalian yang alternatif gudang swasta akan menyediakan. Minimal investasi disebuah gudang milik perusahaan harus menghasilkan tingkat pengembalian yang sama seperti investasi lain perusahaan. Sebagian besar perusahaan merasa menguntungkan untuk menggunakan beberapa kombinasi dari pergudangan publik dan swasta. Gudang swasta digunakan untuk menangani tingkat persediaan dasar yang dibutuhkan untuk biaya logistik setidaknya di pasar dimana volume membenarkan kepemilikan. Gudang umum digunakan dimana volume tidak cukup untuk membenarkan kepemilikan atau untuk menyimpan persyaratan puncak.
Penyimpanan dan Penanganan Biaya
Ketika sebuah perusahaan menggunakan gudang publik, ia tahu penyimpanan dan penanganan biaya yang tepat karena menerima tagihan setiap bulan. Pengguna oleh karena itu dapat meramalkan biaya untuk berbagai tingkat aktivitas karena ini adalah diketahui terlebih dahulu. Perusahaan yang mengoperasikan fasilitas mereka sendiri sering merasa sangat sulit untuk menentukan secara tepa tbiaya tetap dan variabel pergudangan.
Gudang publik biasanya biaya berdasarkan kasus, palet atau kilogram disimpan atau ditangani. Ketika volume kegiatan  cukup besar, biaya pergudangan umum melebihi biaya fasilitas pribadi, yang membuat kepemilikan lebih menarik.
Pergudangan swasta dapat lebih murah dalam jangka panjang. Biaya operasi dapat 15 sampai 25 persen lebih rendah jika perusahaan mencapai yang memadai melalui menempatkan atau pemanfaatan. Norma industri yang berlaku umum untuk tingkat pemanfaatan 75 sampai 80 persen. Jika suatu perusahaan tidak dapat mencapai setidaknya 75 persen pemanfaatan, umumnya akan lebih cocok menggunakan pergudangan umum.
Keuntungan
Sebuah perusahaan juga dapat menyadari manfaat pajak ketika ia memiliki gudang-gudangnya. Penyusutan tunjangan pada peralatan bangunan mengurangi hutang pajak.
Di beberapa negara, perusahaan dapat memiliki keuntungan jika tidak memiliki harta di negeri ini. Kepemilikan berarti bahwa perusahaan melakukan bisnis di negara ini dan dengan demikian tunduk pada berbagai pajak nasional. Pajak-pajak ini dapat menjadi substansial. Jika perusahaan ini tidak memiliki harta di sebuah negara, mungkin merasa menguntungkan untuk menggunakan sebuah gudang publik.
Beberapa negara tidak mengenakan properti atau pajak pertambahan nilai (PPN) pada persediaan dalam jenis tertentu dari pusat-pusat gudang atau pemenuhan, ini tempat penampungan pajak berlaku baik untuk persediaan gudang dan penyimpanan biasa di transit persediaan. Sebagai contoh, Amazon.co.ukdanTesco.comoutsourcing sendiri rangka pemenuhan DC di Kepulauan Channe l(di Selat Inggris) untuk penjualan konsumen online karena mereka dibebaskan dari Inggris yang normal 17,5 persen PPN.
Suatu ketentuan Port free diberlakukan di beberapa negara memungkinkan persediaan yang akan diadakan untuk sampai satu tahun, bebas pajak. Produsen tidak membayar pajak tetap. Gudang publik membayar pajak tetap dan termasuk biaya ini ditingkat gudang, tetapi biaya lebih kecil pada per unit melalui dasar menempatkan karena biaya dialokasikan di antara semua klien menggunakan gudang publik.
Skala Ekonomis
Gudang publik mampu mencapai skala ekonomi yang mungkin tidak mungkin untuk beberapa perusahaan. Karena gudang publik menangani persyaratan nomor atau perusahaan, volume mereka memungkinkan kerja staf gudang penuh waktu. Selain itu, biaya pembangunan yang non linier dan perusahaan membayar premi untuk membangun sebuah fasilitas kecil. Ekonomis kala tambahan dapat diberikan dengan menggunakan bahan lebih mahal, tapi lebih efisien, penanganan peralatan dan dengan menyediakan keahlian administrasi dan lainnya.
Ekonomi atau skala juga hasil dari konsolidasi pengiriman kecil dengan para pesaing yang tidak menggunakan gudang publik yang sama. Gudang publik mengkonsolidasikan pesanan pelanggan yang spesifik dari produk-produk dari sejumlah produsen yang berbeda dalam pengapalan tunggal. Hal ini menyebabkan biaya pengiriman yang lebih rendah dan mengurangi kemacetan di dermaga pelanggan yang menerima. Pelanggan yang mengambil pesanan mereka digudang publik dapat memperoleh produk dari beberapa manu faktur dalam satu kali, jika produsen semua menggunakan fasilitas yang sama.
Kriteria Ruang Penyimpanan.
Ruang untuk Memenuhi Kebutuhan Puncak
Jika operasi sebuah perusahaan tergantung pada musiman/tren, pilihan gudang publik memungkinkan pengguna untuk menyewa ruang penyimpanan sebanyak yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan puncak. Sebuah gudang swasta, di sisi lain, memiliki kendala pada jumlah maksimum produk yang dapat disimpan karena tidak dapat diperluas dalam jangka pendek. Juga, kemungkinan untuk menjadi kurang dimanfaatkan selama sebagian dari setiap tahun. Karena kebanyakan perusahaan mengalami variasi dalam tingkat persediaan karena musiman dalam permintaan atau produksi, promosi penjualan atau faktor lain, pergudangan umum menawarkan keuntungan yang berbeda yang memungkinkan biaya penyimpanan bervariasi secara langsung dengan volume.
Keterbatasan Ruang
Ruang pergudangan umum mungkin tidak tersedia kapan dan dimana perusahaan menginginkannya. Keterbatasan ruang memang terjadi secara berkala di pasar yang dipilih, yang dapat berdampak buruk pada logistik dan strategi pemasaran perusahaan.
Kriteria Pengoperasian
Kontrol
Dalam pergudangan swasta, perusahaan yang memiliki barang dapat latihan tingkat kontrol yang lebih besar. Perusahaan memiliki kontrol langsung dari dan tanggung jawab untuk produk sampai pelanggan mengambil kepemilikan atau pengiriman, yang memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan fungsi pergudangan lebih mudah ke dalam sistem total logistik.
Dengan gudang kontrol akan tingkat fleksibilitas yang lebih besar untuk merancang dan mengoperasikan gudang agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan karakteristik produk. Perusahaan dengan produk yang memerlukan penanganan khusus atau penyimpanan tidak dapat menemukan pergudangan umum layak. Perusahaan harus memanfaatkan pergudangan swasta atau kapal produk langsung ke pelanggan. Gudang dapat di modifikasi ekspansi menyeluruh atau renovasi untuk memfasilitasi perubahan produk, atau dapat dikonversi ke pabrik manufaktur atau lokasi kantor cabang.
Fleksibilitas
Keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh gudang publik adalah fleksibilitas. Memiliki atau memegang sewa jangka panjang digudang bisa menjadi beban jika kondisi bisnis memerlukan perubahan dalam lokasi. Gudang publik hanya memerlukan kontrak jangka pendek. Kontrak jangka pendek tersedia dari gudang umum membuatnya mudah bagi perusahaan untuk mengubah lokasi lapangan gudang karena perubahan di pasar (misalnya pergeseran populasi), biaya relatif dari berbagai modal angkutan, volume produk yang dijual atau posisi keuangan perusahaan.
Selain itu, sebuah perusahaan yang menggunakan gudang umum tidak harus menyewa atau memberhentikan karyawan sebagai volume perubahan bisnis. Sebuah gudang publik tidak menyediakan personil yang dibutuhkan untuk layanan tambahan ketika mereka diperlukan, tanpa harus menyewa mereka secara penuh waktu.
Sebuah gudang public mungkin sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dalam hal memenuhi kebutuhan khusus suatu organisasi atau menyediakan layanan khusus yang dibahas di bawah ini. Namun, layanan ruang atau khusus yang diinginkan tidak selalu tersedia di lokasi tertentu. Banyak fasilitas gudang public hanya memberikan layanan lokal dan penggunaan terbatas pada perusahaan yang mendistribusikan regional atau nasional. Sebuah pabrik yang inginmenggunakan gudang public untuk distribusi nasional mungkin merasa perlu berurusan dengan operator yang berbeda dan memantau beberapa perjanjian kontraktual.
Banyak ahli merasa bahwa kelemahan utama dari pergudangan swasta adalah sama sebagai salah satu keuntungan utama; fleksibilitas. Sebuah gudang swasta mungkin terlalu mahal karena berukuran tetap dan biaya. Terlepas dari tingkat permintaan pengalaman perusahaan, ukuran gudang swasta dibatasi dalam jangka pendek. Sebuah fasilitas swasta tidak dapat memperluas dan kontrak untuk memenuhi kenaikan atau penurunan permintaan. Ketika permintaan rendah, perusahaan masih harus memikul biaya tetap serta produktivitas yang lebih rendah terkait dengan ruang gudang yang tidak terpakai. Kerugiannya dapat diminimalkan jika perusahaan mampu menyewakan bagian dari ruang tersebut.
Jika suatu perusahaan hanya menggunakan gudang swasta, kehilangan fleksibilitas dalam pilihan lokasi strategis. Jika perusahaan tidak dapat beradaptasi dengan perubahan cepat dalam ukuran pasar, lokasi dan preferensi mungkin kehilangan peluang bisnis yang berharga. Layanan pelanggan dan penjualan bisa jatuh jika sebuah gudang swasta tidak dapat beradaptasi dengan perubahan dalam bauran produk perusahaan.
Risiko Waktu
Perusahaan biasanya merencanakan untuk fasilitas distribusi memiliki rentang hidup 20 sampai 40 tahun. Dengan berinvestasi di gudang swasta, manajemen risiko mengasumsikan bahwa perubahan dalam teknologi atau dalam volume bisnis akan membuat fasilitas usang. Dengan pergudangan masyarakat, perusahaan pengguna dapat beralih ke fasilitas lain dalam waktu singkat, sering dalam waktu 30 hari.
Sumber Daya Manusia
Pengadilan telah memutuskan bahwa serikat pekerja tidak untuk pemogokan sebuah gudang publik ketika serikat terlibat dalam perselisihan perburuhan dengan salah satu pelanggan dari gudang itu. Jadi, menggunakan gudang umum memiliki keuntungan dari isolasi sistem distribusi produsen dari sengketa perburuhan.
Memang, dengan menggunakan pergudangan swasta, perusahaan juga dapat membuat lebih baik menggunakan sumber daya manusia. Ada perawatan yang lebih besar dalam penanganan dan penyimpanan ketika tenaga kerja perusahaan sendiri mengoperasikan gudang. Beberapa publik, gudang memungkinkan klien mereka untuk menggunakan karyawan mereka sendiri dalam penanganan dan penyimpanan produk. Perusahaan dapat memanfaatkan keahlian spesialis teknis.
Masalah komunikasi
Komunikasi yang efektif dapat menjadi masalah dengan gudang publik karena tidak semua terminal kompute rdan sistem yang kompatibel. Sebuah operator gudang mungkin ragu-ragu dan terminal lain hanya untuk satu pelanggan. Selain itu, kurangnya standarisasi dalam perjanjian kontrakm embuat komunikasi tentang kewajiban kontrak sulit.
Layanan khusus
Gudang publik sering dapat menawarkan sejumlah layanan khusus yang lebih ekonomis dibandingkan sebuah gudang swasta. Layanan khusus ini meliputi:
§  Rusak-kasus penanganan, yang mogok jumlah kasus produsen untuk mengaktifkan pesanan untuk kurang dari jumlah kasus yang penuh untuk diisi.
§  Kemasan produsen produk untuk pengiriman.
§  Konsolidasi produk rusak dan ingat untuk pengiriman ke produsen di segerobak atau jumlah truk, selain untuk dokumentasi dan pra-kemasan yang mungkin diperlukan, gudang publik dapat melakukan pengerjaan ulang [perbaikan-perbaikan] produk yang rusak.
§  Peralatan pemeliharaan dan layanan.
§  Saham memperhatikan produk untuk produsen dengan lini produk yang sangat terbatas atau musiman; saham memerhatikan melibatkan pengiriman sebuah mobil yang penuh berisi konsolidasi persediaan ke gudang publik hanya sebelum periode penjualan musiman maksimum.
§  Sebuah layanan massal dimana produsen menggabungkan pesanan pelanggan yang berbeda dalam suatu pasar tertentu, dan kapal mereka di mobil yang berisi penuh atau laju truk ke gudang publik, ada perintah individu dipisahkan dan pengiriman lokal disediakan.

Keuntungan Tak Berwujud
Mungkin ada keuntungan tak berwujud tertentu yang berhubungan dengan kepemilikan gudang. Ketika suatu perusahaan mendistribusikan produk-produknya melalui sebuah gudang swasta, hal ini dapat memberikan pelanggan rasa ketetapan dan kelangsungan operasi bisnis. Para pelanggan lebih peduli dengan waktu pengiriman produk dan lokasi pergudangan terpencil dapat memberikan tingkat layanan yang sama jika dikelola dengan baik.

Fasilitas Pengembangan
Keputusan penting seorang eksekutif gudang logistik wajah adalah bagaimana mengembangkan jaringan gudang optimal untuk produk perusahaan dan pelanggan. Keputusan seperti itu meliputi sejumlah elemen yang signifikan. Manajemen harus menentukan ukuran dan jumlah gudang, dan memastikan lokasi. Gudang masing-masing harus ditata dan dirancang dengan baik dalam rangka untuk memaksimalkan efisiensi dan produktivitas. Kotak solusi kreatif menggambarkan bagaimana SPARA ustria mencapai distribusi yang lebih baik dan pelayanan sehingga lebih baik bagi toko ritel menyeluruh keputusan untuk membangun satu pusat distribusi baru.



SOLUSI KREATIF
Satu Gudang, Banyak Manfaat
Pengecer grosir Grup SPAR memiliki 1500 toko di seluruh Austria, berbagai ukuran dan jenis, yang melayani berbagai pesanan besar, menengah dan kecil. Pada akhir 1990-an SPAR Austria mengoperasikan enam gudang regional yang tidak efisien dan ketinggalan zaman, stok barang yang kuno dan kehabisan. Juga, kehabisan stok di toko-toko ritel ternyata cukup tinggi dan merugi.
Daripada membangun pusat distribusi baru atau membarui yang sudah ada, SPAR Austria memilih membangun fasilitas baru 13,020 meter persegi di Kota Wets, dekat jalan dan jalur kereta.
Untuk memastikan bebas dari kesalahan dalam memilih dan mengurus toko dan untuk menangani masalah antara SKU lambat dan bergerak cepat, SPAR memilih Witron's Dynamic Picking System (DPS) sebagai sistem manajemen gudang (WMS). DPS ini didasarkan pada prinsip Pareto, atau aturan 80/20, dan berlaku untuk tingkat pengambilan tinggi dan SKU besar .
Sistem SPAR memiliki 93.000 lokasi bin dan 12.500 lokasi palet di 11 gang pada 18 tingkat, yang dilayani oleh lima crane besar. SKU Bergerak cepat ditempatkan pada bins, sementara SKU bergerak lambat- ditempatkan di lokasi palet teluk tinggi.
Pemilihan sistem DPS telah menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan SPAR dari fasilitas dan telah membawa banyak manfaat untuk operasi ritel SPAR itu. WMS ini sangat efisien dan akurat: SPAR mengklaim tingkat kesalahan hanya satu kasus dalam setiap 27.000.
SPAR mengkapalkan 24.000 bins di 35 truk setiap hari, dengan dilacak menggunakan kode bar/barcode dan WMS, yang menjamin pengaturan sekuen toko yang tepat. SPAR juga mampu memenuhi pesanan menit-menit terakhir. Order akan diterima pukul 07:00 malam dan dikirim siang hari berikutnya.
Terakhir, situasi kehabisan stok di toko SPAR telah berkurang 25 persen. Jadi, dengan menggunakan sistem gudang otomatis yang canggih, SPAR Austria telah mampu meningkatkan operasi gudang dan menyimpan pesanan dalam satu lokasi.
Pertanyaan: Bagaimana SPAR menggunakan jenis sistem ini untuk penjualan kelontong internet atau online dan pengiriman.?


Ukuran dan Jumlah Gudang
Dua masalah yang harus diatasi adalah ukuran dan jumlah fasilitas gudang. keputusan ini saling terkait karena biasanya berhubungan terbalik - yaitu, dengan meningkatnya jumlah gudang, ukuran rata-rata gudang akan menurun.
Ukuran Gudang
Banyak faktor mempengaruhi besar ukuran suatu gudang. Pertama, perlu menentukan bagaimana ukuran ditentukan. Secara umum, ukuran dapat didefinisikan dalam hal meter persegi atau ruang kubik.
Sayangnya, langkah meter persegi mengabaikan kemampuan gudang yang modern untuk menyimpan barang dagangan secara vertikal, maka, ukuran ruang kubik dikembangkan. Kubik ruang mengacu pada volume total ruang yang tersedia dalam fasilitas. Ini adalah perkiraan ukuran yang jauh lebih realistis daripada persegi karena memperhitungkan ruang yang dapat digunakan yang tersedia dalam gudang. Beberapa faktor yang paling penting yang mempengaruhi ukuran gudang adalah:
·         tingkat layanan pelanggan
·         ukuran pasar atau pasar yang dilayani
·         jumlah produk yang dipasarkan
·         ukuran produk
·         sistem penanganan produk yang digunakan dalam tingkat output
·         waktu produksi
·         ekonomi skala
·         tata letak stok barang
·         Ketentuan wilayah
·         area kantor di gudang
·         jenis rak yang digunakan sesuai tingkat dan pola permintaan.
Sejalan meningkatnya layanan perusahaan, yang biasanya membutuhkan ruang pergudangan lebih untuk menyediakan penyimpanan untuk tingkat inventaris yang lebih tinggi. Karena pasar yang dilayani oleh kenaikan gudang. Dalam jumlah atau ukuran, ruang tambahan diperlukan. Ketika sebuah perusahaan memiliki beberapa produk atau kelompok produk, terutama jika beragam, maka perlu gudang besar untuk mempertahankan tingkat persediaan minimal untuk semua produk. Secara umum, persyaratan ruang yang lebih besar akan diperlukan bila: produk yang besar; produksi lead time yang lama; petunjuk penanganan sistem yang digunakan; gudang yang berisi kantor, untuk aktivitas penjualan atau kegiatan komputer, permintaan yang tidak menentu dan tak terduga.
Sebagai ilustrasi, pertimbanan hubungan ukuran gudang untuk jenis penanganan alat yang digunakan. Jenis truk forklift gudang secara signifikan dapat mempengaruhi jumlah tempat penyimpanan yang diperlukan untuk menyimpan produk. Karena perbedaan kemampuan truk forklift, perusahaan dapat membenarkan akuisisi unit lebih mahal ketika mampu memanfaatkan ruang secara lebih efektif.
Jenis paling sederhana dari truk forklift, truk berimbang, dapat digunakan dalam lorong ukuran 3 sampai 4 meter lebar. Dengan € 25.000, maka forklift sungguh paling mahal. Truk menara membutuhkan gang hanya 5 sampai 7 kaki lebar untuk menangani jumlah produk yang sama, tapi biaya € 50.000 atau lebih. pembuat keputusan gudang harus memeriksa biaya trade-off untuk setiap sistem yang tersedia, dan menentukan alternatif mana yang paling menguntungkan dari perspektif biaya .
Permintaan juga berdampak pada ukuran gudang. Setiap kali permintaan berfluktuasi secara signifikan atau tidak terprediksi, tingkat persediaan umumnya harus lebih tinggi. Hal ini menyebabkan kebutuhan ruang yang lebih banyak dan dengan demikian sebuah gudang yang lebih besar. Semua ruang pergudangan tidak perlu untuk kepentingan tunggal saja. Banyak perusahaan mengkombinasikan pergudangan swasta dan publik.

Biaya Penjualan Hilang
            Meskipun penjualan yang hilang sangat penting bagi perusahaan, namun akan paling sulit dihitung dan diprediksi, dan bervariasi menurut perusahaan dan industri. Jika biaya penjualan/sales yang hilang diperhitungkan, maka umumnya akan berupa garis lereng bawah dan ke kanan. Derajat kemiringan, bagaimanapun, akan bervariasi menurut industrinya, produk perusahaan, dan pelanggan.
Biaya persediaan
            Biaya persediaan meningkat sejalan dengan jumlah fasilitas karena perusahaan biasanya memasok stok jumlah minimum [misalnya safety stock) dari semua produk di setiap lokasi, meskipun beberapa perusahaan telah mengembangkan gudang yang didedikasikan untuk produk tertentu atau pengelompokan produknya. Ini berarti bahwa baik item lambat-dan cepat-terjual harus disediakan, sehingga memakan ruang lebih banyak.
Biaya Pergudangan
            Biaya Pergudangan akan meningkat, karena gudang memerlukan lebih banyak ruang untuk dimiliki, disewakan atau disewa, meski akan berkurang setelah sejumlah gudang dikelola secara online, terutama jika perusahaan menyewakan ruang kosong. Gudang publik dan gudang kontrak sering menawarkan diskon jumlah ketika perusahaan memperoleh ruang di beberapa lokasi.
Biaya Transportasi
            Biaya transportasi awalnya menurun karena meningkatnya jumlah gudang, tetapi mereka pada gilirannya membentuk kurva atas jika fasilitas terlalu banyak digunakan , karena kombinasi biaya transportasi inbound dan outbound. Sebuah perusahaan harus peduli dengan biaya total produk yang dihabiskan, bukan hanya biaya memindahkan produk ke lokasi gudang. Secara umum, penggunaan fasilitas akan lebih rendah dengan biaya transportasi inbound karena pengiriman massal dari pabrik-atau pemasoknya.
            Setelah sejumlah gudang meningkat dan mencapai suatu titik tertentu, perusahaan mungkin tidak dapat mengirimkan produk dalam jumlah besar dan mungkin harus membayar lebih tinggi untuk transportasi mobil . Biaya transportasi lokal untuk pengiriman produk dari gudang ke pelanggan dapat meningkat karena biaya minimum yang berlaku untuk angkutan lokal.
            Jika biaya penjualan yang hilang tidak dihitung , maka garis lereng bila dijumlahkan akan menunjukkan bahwa jumlah gudang yang lebih sedikit akan lebih baik daripada gudang dengan jumlah banyak. Namun, layanan pelanggan merupakan elemen penting dari pemasaran perusahaan dan sistem logistik. Secara umum, jika biaya penjualan yang hilang sangat tinggi, perusahaan mungkin ingin memperluas jumlah kantor gudang atau menggunakan pengiriman terjadwal. Selalu ada biaya trade off yang harus diperhitungkan. Manajemen harus menentukan jumlah optimal gudang yang ada dengan tingkat layanan pelanggan yang diinginkan.
Nilai Komputer
            Komputer dapat membantu meminimalkan jumlah perusahaan gudang dengan memperbaiki tata letak gudang dan desain, mengendalikan persediaan, pengiriman dan penerimaan, dan menyebarkan informasi. Ditambah dengan gudang yang lebih efisien, substitusi informasi untuk persediaan cenderung mengurangi jumlah gudang yang diperlukan untuk melayani pelanggan perusahaan. Pada intinya, lebih responsive suatu sistem logistik, maka hanya membutuhkan gudang dalam jumlah lebih kecil.
Analisis lokasi
            Manakah tempat terbaik untuk membangun gudang untuk layanan konsumen Eropa? Belgia adalah yang terbaik dikarenakan seperti penyediaan tanah dan harga, biaya tenaga kerja, kepadatan transportasi dan kemacetan. Jika perusahaan ingin mencari fasilitas paling dekat dengan pelanggan potensial, dengan menggunakan satu gudang atau lebih dalam jaringan logistik mereka , sejumlah situs akan mungkin.
            Keputusan pemilihan lokasi dapat didekati dari perspektif makro dan mikro. Perspektif makro mengkaji isu di mana untuk menemukan gudang geografis haruslah dalam area umum sehingga dapat meningkatkan sumber bahan dan menguasai pasar (meningkatkan layanan dan / atau mengurangi biaya). Perspektif mikro berguna untuk meneliti faktor-faktor yang menentukan kondisi lokasi tertentu dalam wilayah geografis yang luas.
Pendekatan Makro
            Salah satu ahli paling dikenal dalam pendekatan makro untuk lokasi gudang yaitu Edgar M. Hoover, ahli teori lokasi Amerika, mengidentifikasi tiga jenis strategi lokasi: (1) penempatan pasar, (21 penempatan produksi, dan penempatan intermediate. Strategi penempatan pasar menempatkan posisi terdekat ke pelanggan akhir . gudang ini memaksimalkan tingkat layanan pelanggan dan memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan ekonomi transportasi-TL dan CL-pengiriman dari pabrik atau sumber ke setiap lokasi gudang. Faktor-faktor yang mempengaruhi penempatan gudang dekat daerah pasar meliputi biaya transportasi, siklus waktu pemesanan, sensitivitas produk, ukuran pesanan, ketersediaan transportasi lokal dan tingkat layanan pelanggan yang ditawarkan.
            Strategi penempatan produksi, menempatkan gudang dalam jarak dekat dengan sumber pasokan atau fasilitas produksi. Gudang ini umumnya tidak dapat memberikan tingkat layanan yang sama untuk penempatan gudang , melainkan, mereka berperan sebagai tempat pengumpulan atau fasilitas pencampuran untuk produk yang diproduksi di sejumlah pabrik yang berbeda.
            Untuk perusahaan multi produk, transportasi ekonomi hasil dari konsolidasi pengkapalan barang ke jumlah TL atau CL. Faktor-faktor yang mempengaruhi penempatan gudang dekat dengan titik produksi adalah keawetan bahan baku, jumlah produk dengan produk perpaduan perusahaan, jenis produk yang dipesan oleh pelanggan, dan tarif transportasi terkonsolidasi.
            Strategi posisi intermediate, menempatkan gudang di lokasi titik tengah antara pelanggan akhir dan produser. Tingkat layanan pelanggan biasanya lebih tinggi untuk gudang posisi intermediate daripada untuk fasilitas produksi dan fasilitas pasar. Sebuah perusahaan sering mengikuti strategi ini jika harus menawarkan tingkat layanan pelanggan yang tinggi dan jika memiliki beragam produk yang diproduksi di beberapa lokasi pabrik.
            Pendekatan makro lainnya mencakup teori gabungan dari sejumlah geografer ekonomi terkenal. teori ini didasarkan pada jarak dan pertimbangan biaya. Johan Heinrich von Thiinen (1783-1850), seorang ahli ilmu Jerman, menyerukan strategi lokasi fasilitas berdasarkan minimisasi biaya. Secara khusus, ketika menemukan titik-titik produksi pertanian, ia berpendapat bahwa biaya transportasi harus diminimalkan untuk menghasilkan keuntungan maksimal untuk petani. Model von Thlinen diasumsikan bahwa harga pasar dan biaya produksi akan identik untuk setiap titik produksi. Karena petani mendapat keuntungan pasar kurang dari harga biaya produksi dan biaya transportasi, lokasi yang optimal harus dapat meminimalkan pengeluaran transportasi.
            Alfred Weber, seorang ekonom Jerman, juga mengembangkan model lokasi fasilitas berdasarkan minimisasi biaya. Menurut Weber, lokasi yang optimal adalah yang dapat meminimalkan biaya transportasi total, dengan menghiutung bahwa biaya-biaya akan bervariasi sebanding dengan berat barang yang diangkut dikalikan dengan jarak yang ditempuh (secara tradisional dinyatakan sebagai jarak tempuh ton). Weber mengkelompokkan bahan baku menjadi dua kategori menurut pengaruhnya pada biaya transportasi: lokasi dan karakteristik pengolahan. Lokasi dimaksud ialah ketersediaan geografis dari bahan baku. Beberapa kendala mungkin ditemukan di lokasi fasilitas pada item yang memiliki ketersediaan luas.
            Karakteristik pengolahan berhubungan dengan apakah bahan baku akan meningkat, tetap sama atau menurun setelah diproses. Jika bahan baku menjadi lebih ringan, fasilitas harus terletak dekat sumber bahan baku karena biaya transportasi barang jadi akan kurang dengan bobot menara. Sebaliknya, jika pengolahan menghasilkan barang jadi lebih berat, fasilitas harus terletak lebih dekat dengan pelanggan akhir. Jika pengolahan tidak mengakibatkan perubahan berat barang jadi, lokasi dekat dengan sumber bahan baku atau pasar untuk barang jadi akan setara.
            Geografer ekonomi lainnya memperhitungkan faktor-faktor permintaan dan profitabilitas dalam keputusan lokasi. model Hoover, dianggap tepat dalam menghitung biaya dan unsur-unsur permintaan, dan menekan minimisasi biaya dalam menentukan lokasi yang optimal. Selain itu, Hoover mengidentifikasi bahwa tingkat transportasi dan jarak tidak linear terkait tingkat pertambahan terhadap jarak, tetapi pada tingkat yang menurun. tingkat jarak atas yang lebih besar perlu didukung dengan penempatan gudang pada titik-titik akhir saluran distribusi, bukan pada lokasi menengah. Dalam hal itu, Hoover tidak sepenuhnya setuju dengan pilihan lokasi Weber.
            Pendekatan lain, pendekatan pusat aktivitas / centre-of-gravitasi, yang sederhana dalam ruang lingkup, menempatkan fasilitas-hubungan berdasarkan pada biaya transportasi. Pendekatan ini menempatkan gudang atau pusat distribusi di titik yang dapat meminimalkan biaya transportasi untuk produk bergerak antara pabrik dan pasar.
            Membayangkan dua potong tali diikat dengan simpul dan membentang di sepotong papan melingkar, dengan bobot tidak sama melekat pada masing-masing ujung tali. Awalnya, simpul akan terletak di pusat lingkaran. Pada peluncuran akhir dari bobot, tali itu akan bergeser ke titik di mana beban akan seimbang. Menambahkan tali dengan beban yang bervariasi akan menghasilkan pergeseran simpul yang sama (anggaplah knot itu akan sama semua di tempat ). Jika bobot diwakili biaya transportasi , maka posisi di mana simpul itu akan turun setelah berhenti berputar , itulah pusat gravitasi, atau posisi di mana biaya transportasi bisa diperkecil. Pendekatan ini memberikan jawaban umum untuk masalah lokasi gudang, tetapi harus dimodifikasi agar dapat memperhitungkan faktor-faktor geografi, waktu dan tingkat layanan pelanggan.
Pendekatan mikro
            Dari perspektif mikro, factor factor pemilihan lokasi yang lebih spesifik harus diperiksa. Jika suatu perusahaan ingin menggunakan pergudangan swasta,maka harus mempertimbangkan:
·         kualitas dan berbagai operator transportasi yang membawa barang ke lokasi itu
·         kualitas dan jumlah tenaga kerja yang tersedia
·         upah tenaga kerja
·         biaya dan kualitas lahan industry
·         potensi perluasan struktur pajak
·         kode bangunan
·         sifat lingkungan masyarakat
·         biaya konstruksi
·         biaya dan ketersediaan utilitas
·         biaya pengeluaran local
·         Biaya pajak pemerintah daerah dan insentif untuk membangun.
Jika suatu perusahaan ingin menggunakan pergudangan umum, maka perlu mempertimbangkan:
• karakteristik fasilitas
• jasa gudang
• ketersediaan dan kedekatan dengan terminal operator motorik
• ketersediaan lokal. angkutan gerobak
• perusahaan lain menggunakan fasilitas
• ketersediaan layanan komputer dan komunikasi
• jenis dan frekuensi laporan persediaan.

Proses seleksi situs interaktif, disusun dari yang umum ke spesifik. Yang bisa berbentuk formal atau informal, terpusat pada tingkat perusahaan, desentralisasi di tingkat divisi atau fungsional, atau kombinasinya. penting agar manajemen mengikuti proses logis dengan mengenali trade-off ketika mengambil keputusan lokasi.
            Banyak faktor non-kuantitatif dan politik dapat berpengaruh dalam keputusan lokasi gudang. Sebagai contoh, beberapa negara Eropa tidak mengizinkan gudang bertingkat di pantai atau dekat daerah-daerah tertentu karena mereka dianggap gangguan visual.
            Terkait dengan lokasi fasilitas maka perlu merancang struktur yang optimal yang dapat memaksimalkan efisiensi dan efektifitas. Yaitu tata letak gudang dan keputusan desain.
Tata Letak Gudang dan Desain
            Di mana sebaiknya produk / bahan berada dalam sistem logistic dan, lebih khusus, dalam gudang? Dengan rata-rata gudang yang berisi sekitar 22.000 unit stockkeeping (SKU), pertimbangan ini berpengaruh pada sistem efisiensi dan produktivitas. Tata letak gudang yang baik dapat (1) meningkatkan output, (2) meningkatkan alur produk, (3) mengurangi biaya, (4) meningkatkan layanan kepada pelanggan, dan (5) menyediakan kondisi karyawan yang bekerja lebih baik.
            Tata letak gudang optimal dan desain untuk sebuah perusahaan akan berbeda-beda menurut jenis produk yang disimpan, sumber daya keuangan perusahaan, lingkungan yang kompetitif dan kebutuhan pelanggan. Selain itu, manajer gudang harus mempertimbangkan biaya trade-off antara buruh, ruang peralatan, dan informasi,
            Sebagai contoh, pembelian barang yang lebih mahal, namun lebih efisien, penanganan bahan dapat mempengaruhi ukuran optimal dari fasilitas gudang. Instalasi sistem konveyor yang mahal untuk mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan produktivitas juga dapat mempengaruhi konfigurasi gudang. Dengan mempertimbangkan semua faktor yang mungkin dan kombinasinya maka , sangat penting bahwa perusahaan menggunakan strategi keputusan yang logis dan konsisten untuk mengembangkan sistem pergudangan yang optimal . tata letak perusahaan harus mempertimbangkan bahwa semua ruang yang tersedia dapat dimanfaatkan secara penuh dan seefisien mungkin.

Penyimpanan Acak
            Penyimpanan acak dan penyipanan terpisah adalah dua contoh bagaimana produk dapat ditemukan dan diatur. Penyimpanan Acak, atau penyimpanan slot , tempat barang-barang di bins yang terdekat slot atau rak. Item diambil pada bagian masuk dulu keluar dulu. (FIFO). Pendekatan itu akan memaksimalkan pemanfaatan ruang, meskipun memerlukan lagi waktu perjalanan antara pemesanan dengan lokasi pengambilan. Sistem acak sering menggunakan penyimpanan otomatis dan sistem komputerisasi pengambilan (AS / RS), sehingga dapat meminimalkan biaya tenaga kerja dan penanganan.
Penyimpanan terpisah
            Contoh lain penyimpanan terpisah, atau penyimpanan slot tetap. Dalam pendekatan ini, produk akan disimpan di lokasi tetap dalam gudang. Sehingga cenderung untuk umum dalam situasi kerja manual dimana kinerja karyawan akan meningkat sejalan dengan karyawan mempelajari lokasi masing-masing produk. Tiga metode dapat digunakan untuk menerapkan pendekatan penyimpanan khusus, termasuk item dengan (1) urutan nomor bagian, (2) tingkat penggunaan, atau (3) tingkat aktivitas (misalnya pengelompokan produk ke dalam kelas, atau keluarga, berdasarkan bagaimana cepat produk bergerak masuk dan keluar dari penyimpanan).
            Dalam hal tata letak gudang keseluruhan, produk dapat dikelompokkan menurut kecocokannya dengan saling melengkapi , atau kemudahan mencarinya. Kompatibilitas mengacu pada apakah produk dapat disimpan bersama secara harmonis. Sebagai contoh, beberapa tahun yang lalu, sebelum cat baru bermunculan, ditemukan bahwa mobil ban dan peralatan konsumen tidak dapat disimpan bersama-sama. Rupanya, kimia uap yang dilepaskan oleh ban bereaksi dengan pigmen dalam alat pengecatan, yang mengakibatkan pemudaran warna. Sehingga alat itu harus dicat ulang atau dijual dengan harga diskon.
            Komplementari mengacu pada seberapa sering produk yang dipesan bersama-sama dan karena disimpan bersama-sama. Disk drive komputer dan monitor, pena dan pensil, dan meja dan kursi ialah contoh produk komplementer yang biasanya disimpan mendekati pintu keluar utama.
            Popularitas berkaitan dengan tingkat perputaran persediaan yang berbeda atau tingkat permintaan produk. Istilah lain yang digunakan untuk tingkat turnover adalah kecepatan. Item permintaan terbesar harus disimpan dekat dengan pengiriman dan penerimaan dermaga. Item Bergerak lambat harus disimpan di tempat lain. Di gudang grosir makanan, misalnya, makanan non beku harus disimpan dekat dengan daerah pengiriman outbound, sedangkan barang bergerak lambat ditempatkan agak jauh dalam gudang.
            Dengan menggunakan komputer, maka mungkin untuk mengelompokkan produk dalam gudang, sehingga tujuan berikut dapat tercapai .
·         Barang bergerak cepat ditempatkan terdekat dermaga truk outbound. Ini meminimalkan jarak perpindahan setiap hari oleh bahan peralatan penanganan.
·         Barang bergerak lambat terletak pada titik-titik terjauh dari dermaga pengiriman outbound. Hal ini menjamin yang bergerak horisontal panjang oleh bahan peralatan penanganan diminimalkan.
·         Area Sisa di gudang yang disediakan untuk produk yang diterima dalam batch periodik, yang memerlukan pengerjaan ulang sebelum pengiriman, mereka yang kompatibel dengan produk bergerak cepat, dan back-up dari barang yang bergerak cepat.
·         Gang yang didesain ulang untuk memfasilitasi aliran produk ke dan dari dermaga secara efisien.
·         Daerah penyimpanan dikonfigurasi agar sesuai dengan kecepatan dan dimensi dari produk utama. Ini lebih baik daripada merancang kotak penyimpanan, rak, dan area penyimpanan dalam dimensi yang sama. Ini memaksimalkan penggunaan fasilitas ruang yang tersedia, karena produk tidak hanya disesuaikan dengan lebar setiap slot penyimpanan. Tetapi juga untuk kedalaman dan ketinggian disetiap slot.
Seluruh area memfasilitasi pengembangan ukuran dan jumlah gudang, analisis lokasi, tata letak dan desain gudang adalah hal yang sangat penting, namun kompleks, merupakan bagian dari manajemen gudang. Beberapa tahun terakhir, komputer telah memainkan peranannya jauh lebih signifikan sebagai eksekutif logistik upaya untuk mengoptimalkan operasi gudang. Kotak teknologi menunjukkan bagaimana komputer pemodelan dan simlation dapat membantu pengembangaan fasilitas di saat biaya tinggi.
TEKNOLOGI
Simulasi gudang
Tingginya biaya konstruksi dan pengoprasian gudang menyebabkan berbagai paket perangkat lunak logistik dikembangkan untuk desain dan memilih lokasi gudang. Tetapi, salah satu aspek tersebut tidak menonjol adalah pemodelan dan simulasi komputer. Pemodelan memungkinkan perusahaan melakukan analisis sensitivitas, jika kriteria skenario variasi gudang dalam rangka menentukan solusi terbaik untuk menghadapi masalah.
Salah satu perusahaan jasa logistik, Unipart, Mampu memenangkan tender untuk menyediakan gudang bagi produsen. Unipart adalah salah satu penyedia yang terkenal di Eropa dalam hal informasi dari luar, logistik dan layanan setelah penjualan distribusi. Spesialisasi dalam mengelola pasokan dari pembuatan sampai distributor tingkat eceran, dan berusaha menambah nilai di setiap tingkatan.
Model desain gudang Unipart menciptakan tiga dimensi, presentasi animasi komputer. Semua hal tersebut menggunakan teknologi diambil dari masalah klien. Dan  hasilnya disajikan dalam skenario visual. Sehingga klien yakin atas kemampuan Unipart sebagai desainer gudang.
Setelah tender dimenangkan, Unipart terus menggunakan model untuk mengembangkan simulasi untuk memberikan lebih banyak desain. Jika skenario untuk pengujian pilihan yang berbeda untuk racking, memilih, pengepakan, dan transportasi
Simulasi operasi pergudangan dapat digunakan untuk manajemen risiko, serta menginvestasi usulan perubahan pada pengelolaan dan pengembangan fasilitas.

Gudang pengukuran produktivitas
Untuk mendapatkan efisiensi logistik yang maksimal, maka setiap komponen sistem logistik harus beroperasi secara optimal. Ini berarti harus mencapai produktivitas yang tinggi, terutama di gudang. Keuntungan pergudangan perusahaan, biaya berkurang, dan layanan pelanggan harus meningkat
GLOBAL
Gudang suber informasi di michelin
TNT logistik (TNT) adalah divisi dari TPG, pemimpin global bidang logistik, surat, yang beroperasi di 39 negara dan berpusat di Belanda. Tahun 2002, TNT diasumsikan beroperasi di seluruh jaringan michelin daerah Amerika Utara. Michelin adalah pembuatan ban truk, otomotif, dan industri yang terkemuka.
Kontrak kerjasama TNT dan michelin dimulai tahun 1995. Sejak saat itu TNT memperluas hubungan dengan menyediakan kombinasi pergudangan, informasi ke dalam, informasi keluar dan jasa distribusi di Jerman, Itally, Prancis, Turki, Malaysia, Australia, dan Amerika Utara.
Michelin dan TNT dalam manajemen gudang berinisiatif untuk mengurangi biaya operasional tahunan sebesar 154.000.000 €, Serta menjadi lebih kompetitif dan meningkatkan pelayanan pelanggan.
TNT beroperasi di 12 pusat distribusi di Amerika Serikat dan 6 di Kanada. TNT dialihkan sekitar 650 karyawan michelin untuk operasi OTS. Selain itu. Internal logistik TNT mendisain ulang jaringan distribusi dan mengoptimalkan aliran material ke Amerika Serikat dan Kanada. Maka menghasilkan efisiensi yang lebih besar dan penghematan biaya dalam distribusi tingkat eceran untuk michelin di Amerika utara. Jika dilihat sebelumnya, rencana panggilan untuk pelaksanaan tiga pusat distribusi super untuk meningkatkan efisiensi distribusi di Amerika utara.
Dalam tahun pertama operasi OTS. TNT memprakarsai implementasi bertahap sistem manajemen gudang baru yang memungkinkan proses lebih efisien dan meningkatkan visibilitas untuk menggantikan sistem lama. Tahun pertama, semua pusat distribusi michelin dinyatakan "green". Artinya mereka memenuhi dan melampaui tujuan operasional yang ditetapkan michelin. Efisiensi dalam distribusi ke outlet ritel juga meningkat secara signifikan.
Produktivitas didefinisikan dalam banyak cara, namun kebanyakan definisi mencakup pengertian tentang input, output, nyata, pemanfaatan dan keadaan gudang. Salah satunya dapat didefinisikan sebagai berikut.
§  Produktivitas adalah rasio output untuk pemasukan.
§  Pemanfaatan adalah rasio kapasitas digunakan untuk kapasitas yang tersedia.
§  Kinerja adalah rasio output aktual ke output standar (jam standar yang diperoleh untuk jam sebenarnya).
Setiap definisi produktivitas mencakup semua tiga komponen karena mereka saling berhubungan. Sebagian besar perusahaan memanfaatkan berbagai ukuran. Perusahaan cenderung menggunakan pengukuran produktivitas yang lebih canggih.
Langkah-langkah produktifitas gudang dapat digunakan, meskipun dapat dikelompokkan ke dalam kategori utama seperti biaya tenaga kerja per unit, jumlah ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan setiap unit, dan frekuensi kesalahan. Data kinerja harus tersedia dan digunakan sebagai dasar perbaikan dan kemajuan maksimal.
Menurut gagasan manajemen umum Anda tidak bisa mengelola apa yang Anda lakukan jika tidak mengukur konsep pergudangan. Yang paling penting dari pengukuran adalah menyoroti masalah-masalah atau peluang meliputi layanan pelanggan (misalnya pengiriman kinerja, kesalahan, siklus), akurasi persediaan (misalnya jumlah SKU di semua lokasi gudang), pemanfaatan ruang (misalnya memiliki hak penemu, meter persegi atau ruang pemanfaatan fasilitas) dan produktivitas tenaga kerja
Meningkatkan produktivitas gudang
Karena pergudangan adalah komponen penting seperti proses logistik dalam hal biaya dan berdampak layanan, kebutuhan exsekutif logistik sadar akan kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas gudang. Produktivitas dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, termasuk metode, peralatan, sistem, dan pelatihan / motivasi.
Program Metode
Program metode terkait dengan proses alternatif untuk achiving hasil yang diinginkan. Termasuk pemanfaatan gudang yang melibatkan ruang, tata letak gudang dan desain, metode, dan analisis prosedur, memilih tempat pesanan kecil, gabungan putaway/memetik, kemasan, menghitung siklus persediaan, keusangan  produk, standar kemasan dan konsolidasi gudang.
Program Peralatan
Program peralatan termasuk penggunaan teknologi baru seperti scanner optik, pelabelan otomatis, dihasilkan komputer putaway dan pilih daftar, penanganan bahan peralatan otomatis, pealatan komunikasi, komputer dan sistem otomatis rangkaiaan U penyimpanan/pengambilan (AS/RSS)
Sistem program
Sistem program termasuk penggunaan router/lokasi sistem, memilih geografis, dan lokasi produk di gudang. Ini adalah sistem yang terkait secara langsung mempengaruhi berbagai komponen sistem logistik.
Pelatihan/motivasi
Pelatihan/motivasi termasuk pelatihan karyawan, pengembangan manajemen, tim kerja, sistem insentif dan penghargaan. Program ini dapat meningkatkan produktivitas gudang dengan memberdayakan kegiatan untuk melakukan perbaikan dalam operasi. Pendekatan sebelumnya dapat dilakukan secara individu atau kombinasi. Sebagian besar perusahaan menggunakan beberapa metode untuk meningkatkan produktivitas simulasi gudang
Keuangan dimensi pergudangan
Kontrol keuangan pergudangan terkait dengan produktivitas dan profitabilitas logistik. Sebelum ke berbagai kegiatan pergudangan sebelumnya dapat terintegrasi ke dalam sistem tunggal. Manajemen harus menyadari risiko dan biaya setiap kegiatan
Keputusan gudang melibatkan risiko. Risiko memiliki bentuk yang banyak, tetapi pada akhirnya berdampak pada biaya atau pendapatan. Perusahaan harus mampu memperbaiki investasi seperti finansial. Semakin cepat pemulihan biaya peralatan, semakin sedikit risiko tersebut. Akuntansi keuangan dan teknik kontrol sangat penting dalam menilai risiko dan timbal balik terkait keputusan pergudangan.
Kegiatan berbasis biaya
Salah satu pendekatan yang telah terbukti sukses dalam pengendalian keuangan kegiatan pergudangan adalah kegiatan berbasis biaya (ABC). Data keuangan lebih akurat dan tepat waktu memungkinkan eksekutif gudang untuk merencanakan, Adminster dan kegiatan pergudangan kontrol. Sistem biaya tradisional, di banyak perusahaan, sering tidak memberikan data keuangan yang tepat untuk membuat keputusan pergudangan. Sering, mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi dampak biaya pergudangan semua profitabilitas perusahaan dan perubahan biaya dalam satu wilayah mempengaruhi biaya di negara lain.
Dengan ABC, biaya ditentukan oleh produk tertentu. Jasa atau pelanggan menggunakan proses 2 tahap. Tahap pertama memberikan biaya sumber daya sesuai jumlah tiap sumber daya yang dikonsumsi dalam melakukan aktivitas pergudangan. Tahap kedua menetapkan biaya pergudangan kegiatan untuk produk, layanan, atau pelanggan, kegiatan mengkonsumsi. Pendukung ABC menyatakan bahwa rekening biaya tradisional dan menunjukkan bagaimana sumber daya yang dikonsumsi
Tingkat kecanggihan akuntansi dan kontrol gudang
Perusahaan sering pada berbagai tingkat kecanggihan dalam hal akuntansi gudang dan kontrol. Empat tingkat telah diidentifikasi, sebagai berikut
·         Tingkat I     : biaya gudang dialokasikan secara penuh, menggunakan alokasi tunggal
·         Tingkat II: biaya gudang dikumpulkan oleh fungsi gudang utama (penanganan, penyimpanan dan administrasi) dan ditugaskan menggunakan dasar alokasi seperete untuk setiap fungsi
·         Tingkat III: biaya gudang dikumpulkan oleh aktivitas utama dalam setiap fungsi (menerima, putaway, memilih order) dan dialokasikan menggunakan dasar yang terpisah setiap kegiatan
·         Tingkat IV: biaya dikategorikan dalam bentuk matriks, refleksi untuk setiap kategori biaya, dengan menggunakan dasar yang mencerminkan perbedaan utama pada karakteristik pergudangan antara tujuan biaya.
Accouning dan kontrol memerlukan memiliki jenis data keuangan yang tersedia kapan dan di mana mereka dibutuhkan, dan dalam bentuk yang digunakan oleh sebagai daerah fungsional banyak perusahaan, data ini penting untuk membuat biaya layanan yang diperlukan trade-off dalam aktivitas pergudangan dan logistik lainnya
RINGKASAN
Dalam bab ini. Kami dijelaskan pentingnya pergudangan dan distribusi dalam sistem logistik. Skala ekonomi, biaya, dan pelayanan pelanggan adalah pertimbangan yang paling penting. Jenis-jenis pilihan yang tersedia bagi perusahaan termasuk iklan puclic atau disewa pricately dimiliki atau menggoda pergudangan.
Fungsi utama adalah gerakan pergudangan, penyimpanan, dan transfer informasi. Perusahaan dapat memilih untuk melakukan fungsi-fungsi ini memanfaatkan pergudangan publik atau swasta. Setiap opsi memiliki kelebihan dan disadvanteges, nust penyihir dipahami sehingga keputusan yang optimal dibuat pergudangan.
Pengembangan fasilitas adalah bagian besar dari manajemen gudang. Keputusan yang berkaitan dengan ukuran dan jumlah gudang, lokasi fasilitas, dan tata letak dan desain memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan perusahaan untuk satisty pelanggan dan membuat keuntungan. Kami dijelaskan berbagai metode, teknik, dan pendekatan ti relatif setiap area keputusan. Hal ini menyebabkan kita untuk menjelajahi beberapa isu manajemen yang penting yang berkaitan dengan akuntansi produktivitas gudang dan control.


6 komentar:

Properti Aku mengatakan...

Saya suka artikelnya dan bermanfaat, numpang promo ya dan salam kenal

Dijual tanah 10 hektar dipinggir jalan, daerah cibitung bekasi, 5 hektar sertifikat 5 hektar ajb harga 2,6 juta permeter nego. Tidak banjir. 2 km menuju pintu tol cibitung.

Dan Tanah sertifikat 1,1 Hektar dipinggir kalimalang harga 2,8 juta permeter nego.

Lokasinya cocok buat pabrik, gudang industri, pool bus dan kontainer, kantor dll.


Gufron
08881764421
http://tanahdicibitung.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

Coba sebutkan apa saja kelemahan, kelebihan, Peluang dan Ancananan dalam pergudangan?

gudang mengatakan...

Nice, posting yang menarik tentang gudang

Mey_VS mengatakan...

saya ingin menanyakan refrensi buku yang baik untuk materi pergudangan ini apa ya.. mohon sarannya

Shopiayanuarti.blogspot mengatakan...

Kalau kekurangan dan kelebihan pergudangan???

Unknown mengatakan...

Sebutkan kelebihan Dan kekurangan menggunakan gudang um um bagi perusahaan ritel

Posting Komentar

“Komentarnya yang membangun, yaa”.

 
KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...